Fisika - Sonic Boom
gw ga tau kenapa gw bisa nulis ni post, gw lagi iseng2 aja supaya menuh2in ni blog, eh pas lagi iseng2 internetan ujung2nya ktemu yang namanya Sonic Boom.

jujur dari dulu gw kaga tau sonic boom tu apaan, gw cuma gaya2an ngomong sonic boom, sering denger di berita2, kartun2 doang, tapi ga tau definisi yang sebenernya itu apaan, tapi untungnya berkat pelajaran fisika kelas 3, gw jadi tau definisi sonic boom tu apaan, hehe.. biggrin

sekarang gini deh, kita ibaratkan udara itu sebagai air kolem, (serah deh kolem ikan kek, kolem renang kek, yang penting ada airnya). Trus pas lw lagi ngelamun liatin tu kolem, tau2 ada kapal dayung tuh lewat.. yang pertama sih pelan2 aja, jadi lw bisa liat gelombang airnya pelan2

nah pas dah gitu kan misalnya lw bengong lagi di pinggir tu kolem, eh tau2 ada anak rusuh, naek motor boat kenceng2. *NGUUEEENG* langsung pas seketika tu kapal lewat lu kecipratan dah airnya ampe celana lw basah..

>>>Trus apa hubungannya coba?????

coba kita bayangkan kolem tu udaranya, kapal tu pesawat, gelombang air tu gelombang udaranya, nah! pas kapall pertama lewat gelombangnya nyantai, pas kapalnya kenceng gelombangnya jadi gede banget kan?? itu sama yang terjadi di udara,

ketika kapal bisa melebihi kecepatan suara (1mach) gelombang suarapun bisa ditinggal oleh pesawat, mengakibatkan gelombang bertumpuk di belakang pesawat, karena tumpukan ini terjadilah tekanan pada udara yang mengakibakan munculnya uap air di bagian belakang pesawat. dan karena tumpukan gelombang tadi, sebelum pesawat lewat kita tidak mendengar apa apa2, tapi setelah pesawat lewat, kumpulan gelombang suara dengan frekuensi tinggi langsung masuk ke telinga kita dan mengakibatkan suara ledakan yang besar,,eek

nah kira2 sperti itulah sonic boom,, ini contoh ledakan suaranya

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • --------------------------------
    --------------------------------
    --------------------------------